Selasa, 31 Oktober 2017

Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2013

Seiring  dengan majunya teknologi, microsoft mengeluarkan versi terbaru dari Ms. office yaitu office 2013.  Versi ini banyak memberikan  keunggulan-keunggulan terutama untuk Ms Word yaitu pada tampilan yang lebih smooth. Selain itu terdapat proofing tool yang bisa kita guanakan untuk mengecek ejaan yang kita  tulis. Ini cocok sekali bagi mahasiswa atau guru-guru bahasa inggris karena defaultnya bisa diatur untuk versi American atau British. Untuk yang versi Indonesia perlu download dulu proofing toolnya. Dan tentu saja masih banyak tool-tool yang lainnya yang keren – keren. Namun dibalikemudahan itu tidak semua orang bisa mengguanakan Ms. Word 2013 ini dengan mulus dan lancar terutama bagi pemula seperti saya ..hehehe. Sebagai contoh,  jika kita ingin membat daftar isi . Ada bnyak cara tentang bagaimana membuat daftar isi otomatis untuk Ms Word 2007 atau yang  dibawahnya. Namun untuk versi 2013 ada sedikit perbedaan. Bagi yang ingin dan memerlukannya sialkan simak ehehe..tolrng dimaklumi karena mash awam jadi banyak salah ketik “mungkin”….

Buka file word yang akan anda buat dftar isinya. File ini harus menjadi satu file. Misalkan halaman pertama dimulai dari halaman judu sampai daftar pustaka diakhir halaman. Mungkin banyak yang  memisah antara halaman judul  sampai dfatar isi  sebagai file “cover” dan sisanya sebagai isi. Biasnya karena susah mengatur page number. Nah bagi yang belum tau cara mengatur page number yang berbeda dalam satu file, silahkan klik disini.

Oke guys “back to the main point”. Hehehe biar keliatan sedikit gaul …Letakkan kursor di bagian paling akhir pada halaman ( hal 1 jika daftar isi di halman 2). Lihat gambar!

Klik “page break” caranya klik insert page break ( pojok kiri atas paling bawah). Lihat gambar!

Lalu ketik “DAFTAR ISI”. Sesuaikan letak dan ukuran.

Setelah itu cari halaman yang ada BAB atau Sub Bab yang akan ada di daftar isi. Blok BAB I PENDAHULUAN, klik create new style. Isikan nama style sesuka anda. Atau biarkan menjadi style 1. Lakukan hal yang sama untuk Bab berikutnya ( BAB II, III, dst). Lihat gmbar!

 

Gunakan cara yang sama untuk sub bab atau yang lainnya. Namun perlu diingat setiap format yang sma maka tidak perlu meng-create new style tinggal pakai saja style yang sama. Misal untuk BAB II, III dst..menggunakan Style 1. Untuk sub bab , blok sub bab misal Latar Belakang, create new style isikan sesuka hati tpi harus berbeda dengan Bab . lakukan hal yang sama untuk yang lainnya. Yang terpenting adalah pengelompokannya!

Jika sudah, kembali kehalaman Daftar isi lalu klik “REFERNCES”-Table of Content-Custom Table of Content. Pilih option, hilangkan Toc level pada style yang tidak anda buat ( misal heading 1,2,3 dst). Cari style yang baru saja anda buat lalu masukan nilai TOC levelnya mulai dari 1,2,3..dst sesaui jumlah style yang anda buat. Lalu ok. Ok lagi. Lihat gambar!

 

Hasilnya “ GUBRAK” otomatis Daftar isi + halaman sudah jadi……..

Selamat mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara menginstal quick report di Delphi 7

Cara menginstal quick report di Delphi 7 ... Untuk membuat report atau laporan dari sebuah aplikasi database maka diperlukan suatu tool...